Insight

HomeBeritaDeliverologi: Memandu Publik dalam Memastikan Terwujudnya Janji Pemerintah
Institut-Deliverologi-Indonesia

Deliverologi: Memandu Publik dalam Memastikan Terwujudnya Janji Pemerintah

Institut Deliverologi Indonesia (IDeA), sebuah lembaga independen yang berfokus pada pengembangan analisis, sistem dan rekomendasi dengan mengedepankan keterlibatan masyarakat hari ini diluncurkan bersamaan dengan sumbangsih buku pertamanya “Deliverologi: Panduan Bagi Publik.” Melalui buku ini, IDeA yang dimotori oleh sekelompok individu berjam terbang tinggi dalam merintis prakarsa strategis serta memantau dan mengurai sumbatan implementasi program pemerintah, berupaya menyediakan kompas sekaligus pemantik bagi publik dalam memastikan terwujudnya janji-janji pemerintah.

Hadir di acara ini sebagai pembicara Pendiri IDeA Prof. Kuntoro Mangkusubroto, Wakil Presiden ke-11 RI Prof. dr. Boediono, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur Kalimantan Tengah A. Teras Narang, dan Direktur Eksekutif Kemitraan (Partnership for Government Reform) Monica Tanuhandaru.

“Paradigma usang pemerintah sebagai “pamong praja”—pihak yang memerintah— harus diubah menjadi pihak yang melayani, bukan sebaliknya. Jadi, akal sehatnya adalah: publiklah tuan dan mandor sesungguhnya dari (program atau proyek) pemerintah.” Ungkap Prof. Kuntoro Mangkusubroto, pendiri IDeA. “Dalam konteks inilah buku ‘Deliverologi: Panduan bagi Publik’ di tangan Anda ini kami susun. Ini semacam kompas atau panduan bagi publik dalam memastikan bahwa “pelayan”- nya benar-benar bekerja, andal. Perencanaan dan realisasinya nyambung serta terukur sehingga output dan, syukur-syukur, outcome-nya bagus dari sisi kuantitas maupun kualitas.”

Segitiga Deliverologi atau tiga perangkat intervensi, yang menjadi resep utama, untuk mewujudkan janji-janji pemerintah yaitu pemantauan kinerja, penguraian sumbatan atau debottlenecking, dan partisipasi publik menjadi sajian utama bagi para pembaca. Sejumlah praktik deliverologi berupa inovasi dan gerakan yang telah teruji sepanjang kiprah para anggota IDeA khususnya di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) juga diuraikan sebagai model panutan bagi publik maupun pemerintah.

Sejumlah 150 buku dibagikan pada para peserta hari ini yang terdiri dari perwakilan pemerintah, pemuda, akademisi dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, serta lebih dari 20 organisasi masyarakat sipil. Versi digital juga tersedia untuk diunduh secara daring tanpa biaya di situs IDeA guna memastikan tersampaikan seluas-luasnya manfaat buku ini.

Kedepan IDeA akan terus berupaya mengisi kesenjangan antara kebijakan dan realisasinya melalui kemitraan dengan dua aktor utama penentu mutu sebuah kebijakan, yakni pemerintah dan masyarakat melalui organisasi masyarakat sipil.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: info@deliverology.org.

Posted by
The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment